Belitung Is My Heart

Belitung Info: Pantai, makanan khas, masakan, lagu, lyrics, adat istadat, tari, musik dan lain-lain dalam bahasa Indonesia.

Info Seputar Kampung Halamanku Belitung, mulai dari Masakan, Makanan, Lagu, Adat Istiadat, Tari, Travel Guide Pantai, Kamus Bahasa dan lain-lain.

Thursday, January 29, 2009

Betiong,Begambus Dan Becampak Salah Satu Warisan Budaya

Published by Zhalwa Alya Monica under on 10:14 PM
    Sebenarnya Betiong Dan Begambus ini agak serupa dan mirip, karena keduanya ini merupakan cerita zaman dahulu yang disampaikan melalu syair melayu yang khas. Biasanya betiong dan Begambus ini dipakai saat perayaan hasil panen atau acara- acara adat lainya. Alat musik yang digunakan terdiri dari gong, gendang dan biola. Biasanya Betiong atau Begambus  dilaksanakan semalam suntuk, mirip cerita pewayangan di Pulau Jawa. Lain lagi halnya dengan Becampak atau campak, ini merupakan lagu yang dinyanyikan biasanya berpasangan dan ada lawan berpantun juga. Kadang-kadang isinya bisa membuat kita tertawa mendengarnya. Alat musik yang digunakanpun mirip dengan Betiong dan Begambus. Sampai sekarang campak ini masih bisa disaksikan walaupun bukan untuk perayaan adat, untuk acara akikahan atau nikahan pun sering diadakan campak ini. cuma kalau sekarang lebih modern, karena penyanyinya sudah tidak menggunakan pakaian khas dari Belitong. Untuk videonya lagi dalam tahap mencari biar bisa di pasang di Blog Saya ini. Inilah sedikit cerita dari Saya tentang Pulau Belitong beserta adat dan Budayanya.

2 comments:

Boy Band said... @ January 30, 2009 at 8:04 PM

Bisa dengerin lagunya ndak?

belitung-is-myheart said... @ January 30, 2009 at 10:52 PM

untuk lagunya akan Saya carikan vidio nya,sabar yah sob...

Post a Comment

Mau kasih komentar? Silahkan tulis di bawah ini.

Labels


Edited By:wa2nlinux
Related Articles


Related Article Widget by Hoctro
 

Feedburner View

About Me

Feeds.Delicious

Share on Facebook